Skip to main content

Tutorial Membuat Akun Edmodo untuk guru [ Tutorial bergambar ]




PENGGUNAAN EDMODO SEBAGAI GURU
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Makalah Kelompok Mata Kuliah
Teknologi Informasi Dan Komunikasi



Oleh:

Ardi Kismawan (1501010244)


Jurusan                 : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Fakultas               : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Kelas                    : A
Semester              : V (Lima)

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
KOTA METRO
1438 H/2017

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Edmodo
Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua.
Pada tahun 2013, Edmodo dimasukkan ke dalam daftar "Aplikasi Teratas untuk Guru" oleh PC Magazine. Pada tahun yang sama, Edmodo mengakuisisi startup Root-1 dalam upaya untuk menjadi toko aplikasi untuk pendidikan. Vibhu Mittal, Co-founder dan CEO dari Root-1, menjadi CEO dari Edmodo tahun berikutnya.
Pada tahun 2014, Edmodo meluncurkan Snapshot - seperangkat alat penilaian untuk mengukur kemajuan siswa pada standar pendidikan. Edtech digest memberikan penghargaan untuk Edmodo Snapshot dalam Cool Tool Award sebagai Solusi Penilaian Terbaik. Perusahaan ini telah bermitra dengan dua penerbit besar di Inggris, Oxford University Press dan Cambridge University Press untuk menyediakan akses ke konten pendidikan di Edmodo Platform dan membawa Edmodo Snapshot ke Inggris.[1]
B.     Sejarah Edmodo
Edmodo didirikan oleh Nic Borg dan Jeff O'Hara pada tahun 2008. Hal ini didukung oleh Index Ventures, Benchmark, Greylock Partners, Learn Capital, New Enterprise Associates, Union Square Ventures, Glynn Capital Management, Tenaya Capital, SingTel Innov8, dan KDDI. Pada Agustus 2016 Edmodo diklaim memiliki lebih dari 66.900.000 pengguna di seluruh dunia. 
Pada bulan Maret 2015, Noodle menyebut Edmodo sebagai salah satu "32 Alat Pendidikan Daring Paling Inovatif". Pada Juli 2017 Edmodo mengklaim memiliki lebih dari 78 juta pengguna di seluruh dunia. Sekitar setengah dari pengguna ini berada di Amerika Serikat, dan sisanya berada di 180 negara di seluruh dunia. Konsentrasi yang signifikan ada di Singapura, Indonesia, Uruguay dan Italia. Sekitar 10% dari pengguna ini adalah guru, sebuah ilustrasi tentang seberapa populernya Edmodo di kelas.
Pada tahun 2013, Edmodo masuk dalam daftar "The Top Apps for Teachers" oleh PC Magazine. Pada tahun yang sama, Edmodo mengakuisisi sebuah startup, Root-1, dalam upaya untuk menjadi app store untuk pendidikan. Vibhu Mittal, Co-founder dan CEO Root-1, menjadi CEO
Edmodo pada tahun 2014, Edmodo meluncurkan Snapshot - seperangkat alat penilaian untuk mengukur kemajuan siswa berdasarkan standar pendidikan. Edtech mencerna penghargaan Edmodo Snapshot Cool Tool Award untuk Best Assessment Solution. Perusahaan ini telah bermitra dengan dua penerbit besar di Inggris, Oxford University Press dan Cambridge University Press untuk memberikan akses ke konten pendidikan di Platform Edmodo dan membawa Edmodo Snapshot ke Inggris.
Pada bulan Maret 2015, Mie menamai Edmodo sebagai salah satu dari "32 Alat Pendidikan Online Paling Inovatif". Pada bulan Januari 2017, Edmodo meluncurkan kursus pengembangan profesional (PD) untuk para guru di negara bagian New York dalam hubungannya dengan NYPTI, termasuk sinkronis komponen kelas video serta komponen diskusi berbasis teks asinkron dan telah digunakan oleh ribuan guru. Pada bulan Juni 2017, Frost dan Sullivan mengumumkan bahwa Edmodo telah memenangkan Customer Value Leadership Award.
Pada tanggal 17 Mei 2017, Edmodo mengirim email yang menginformasikan pengguna bahwa itu adalah korban dari hack utama informasi pengguna.
Sebanyak 77 juta data pengguna dilanggar: ini termasuk nama pengguna, kata sandi hash dan alamat email (dalam subkumpulan kasus, karena tidak semua pengguna memerlukan alamat email untuk mendaftar). Karena password keduanya hash dan asin (dienkripsi) dengan menggunakan algoritma bcrypt, usaha untuk mendekripsi semua kata kunci pasti sangat besar. Tidak ada laporan tentang data sekolah yang terpengaruh, atau identitas apa pun yang dikompromikan, menurut audit eksternal yang ditugaskan oleh perusahaan.
Pada bulan Juni 2017, Edmodo mengumumkan Askmo, sebuah mesin pencari video pendidikan, sebagai ilustrasi tentang manfaat pembelajaran mesin pada kumpulan data pendidikan: pencarian didasarkan pada video yang telah dibagi oleh guru dalam konteks diskusi pendidikan dan dapat disaring. dengan tingkat subjek dan kelas.[2]

C.    Fitur Edmodo Sebagai Guru
Pada dasarnya edmodo memiliki tiga jenis akun yang salah satunya ialah akun sebagai guru, dalam tulisan ini dijelaskan cara membuat dan menggunakan akun sebagai guru.
Gambar di atas merupakan tampilan pertama ketika memasuki halaman awal Edmodo, tampilan tersebut dapat di akses pada www.edmodo.com
Edmodo merupakan salah satu program yang digunakan pendidik sebagai media pembelajaran.  Edmodo menyediakan fitur pengguna sebagai berikut:
  1. Guru (teacher).
Guru akan mengelola kelas virtual yang ada di edmodo,  baik member materi, memberi tugas,  mengundang peserta didik,  polling,  ujian.  Dll.
2.      Murid (student)
Murid akan menjadi anggota grub kelas yang telah di buat oleh guru,  siswa dapat menerima soal dan tugas,  menjawab soal,  dan sejenisnya. 
3.      Orang tua. (Parent)
Orang tua di sisni maksudnya adalah  Akun di beri kewenngan selayaknya orang tua.  Parent akun,  dapat di gunakan untuk melihat perkembangan siswa,  melihat aktivitas siswa,  bahkan parent account memiliki kewenangan untuk merubah identitas murid.  Termasuk password yang digunakan oleh anak
Dengan adanya edmodo ini sebenarnya ada keuntungannya.  Selain memudahkan proses pembelajaran.  Edmodo juga membuat orang tua,  guru,  dan murid menjadi saling terhubung. [3]
Halaman Edmodo selalu dilakukan pengembangan dan pembaharuan. Hingga sekarang edmodo memiliki tampilan depan seperti pada gambar di bawah ini. Dan akan terus berubah sesuai dengan perkembangan yang dilakukan.


Untuk mendapatkan sebuah akses yang dalam pembahasan makalah ini adalah sebagai guru. Maka di perlukan sebuah akun untuk mengelola murid dan kelas virtual. Adapun langkah langkah pembuatan akun adalah sebagai berikut:




Jika seseorang memiliki akun Microsoft atau akun Gmail. Maka dapat langsung menekan “Lanjutkan dengan Google atau Lanjutkan dengan Office” atau dapat juga dengan memasukan email dan pasword pada kolom yang telah di sediakan seperti pada gambar di atas. Setelah data yang di perlukan di isi kemudian tekan atau klik Daftar Gratis.



Ketika selesai memproses, pendaftar akan di minta mengisikan nama depan dan nama belakangnya. Kemudian klik Lanjut atau Continue. Dalam pengisian nama usahakan menggunakan nama asli. Karena Nama ini yang akan muncul sebagain nama guru dalam grub kelas.

Selanjutnya pendaftar diminta untuk mengisiskan Nama sekolah yang akan di kelolanya. Jika nama sekolah belum terdaftar maka pendaftar harus mendaftarkan Sekolahnya terlebih dahulu. Dengan menekan/ klik “Saya Tidak Dapat Menemukan Sekolah Saya”. Selanjutnya isi biodata sekolah sesuai dengan permintaan, dan klik “tambahkan sekolah anda”
Setelah berhasil menambahkan kelas maka sekolah akan tersedia dalam pilihan sekolah. Silahkan pilih sekolah yang di maksud dan klik lanjutkan. Untuk meanjutkan tahap pendaftaran selanjutnya. Karena sekolah yang di masukan adalah sekolah baru. maka pendaftar harus mndesain sendiri Sekolah dan Kelas yang nanti akan di gunakan. Dalam artian semua pengaturan masih dalam keadaan Default.
Kemudian pendaftar akan di tawarkan untuk memilih provider yang nantinya akan di gunakan untuk berbagi RPP dan membuat diskusi. Setelah memilih kemudian isi sesuai permintaan masing masing provider dan klik “Lanjut” atau jika pendaftar tidak ingin memilih salah satu di antaranya, silahkan pilih “Lewati”. Lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

Pada halaman selanjutnaya pendaftar di minta memilih untuk mengatur kelas pertamanya atau langsung berkolaborasi dengan guru yang lain. jika pendaftar baru menganal edmodo dan belum memiliki teman guru yang memiliki akun edmodo maka di anjurkan untuk terlebih daulu mengelola kelasnya terlebih dahulu. Karena dalam langkah ini kasusnya adalah sebagai guru baru. maka pilih “Artur kelas pertama anda” kemudian klik mulai.
Sampai disini pendafataran akun sebagai guru telah selesai dan siap untuk mulai di gunakan. guru akan kelasnya sesuai dengan tujuan dan rencana pembelajarannya.
Jika guru telah memiliki akun dan ingin kembali masuk akun edmodo sebagai guru, maka dari halaman awal di www.edmodo.com. Silahkan menekan atau klik tombol Login atau masuk. Guru akan diminta mengisikan Email yang di gunakan untuk mendaftar edmodo dan juga pasword yang digunakan untuk mendaftar edmodo. Perlu di ingat pasword yang di minta pada halaman login ini bukanlah pasword atau kata sandi yang di gunakan untuk email. Melainkan yang digunakan adalah pasword edmodo itu sendiri. Kecuali pasword yang di gunakan sama dengan pasword email. Maka yang di masukkan adalah password email atau pasword edmodo.


Kemudian pada halaman Home Edmodo guru dapat mengakses berbagai fitur edmodo. Dan fitur yang dapat di gunakan dalam proses pembelajaran beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Pada halaman home guru dapat menambahkan kelas baru dengan meng klik “Create a class”. Guru dapat menambahkan kelas sesuai dengan kebutuhan. Kemudaian guru dapat mengakses dan mengelola kelas, guru dapat menambahkan anggota kelas, mengundang siswa untuk menjadi anggota kelas, kemudian ketika terjadi kesalaan dalam menamai kelas yang telah dibuat maka guru dapat mengubah atau mengedit nama kelas tersebut. Dan ketika ada yang ingin di beritahukan kepada siswa tentang sesuatu hal maka, guru dapat mengirimkan pemberitahuan dalam kelas, dan lain sebagainya.
            Pada halaman menu Assignments dapat di lihat riwayat tugas-tugas yang telah di buat oleh guru. Dan juga jawaban dari murid.  Adapun pembuatan assignments atau tugas yaitu pada menu tugas pada setiap kelas.
Menu catatan, dapat digunakan untuk memberikan pemberitahuan kepada seluruh anggota kelas. Baik pemberitahuan yang berhubungan dengan akademik maupun yang non akademik.
Pada menu Tugas, guru dapat menggunakan fitur tersebut untuk memberikan tugas kepada siswa dikelas. Siswa akan mengetahui adanya tugas juga melalui kaun edmodonya masing masing. Pemberian tugas melalui edmodo akan mudah karena selain menghemat biaya juga dapat menghemat waktu. Selain itu tugas tugas yang menggunakan edmodo dapat menambahkan batas waktu pengerjaan.
Fitur yang lainnya yaitu library atau perpustakaan, berkas yang telah terunggah dalam edmodo akan otomatis tersimpan dalam library. Sehingga dapat meminimalisir potensi berkes terslip, rusak atau hilang. Selain penyimpanan yang di sediakan oleh edmodo sendiri. Edmodo juga mendukung pihak ketika untuk menyimpan data, seperti onedrive dan juga Google drive.
Pengajaran menggunakan edmodo juga memudahkan membuat dan mengelola kelompok dalam sebuah kelas, hal ini karen edmodo telah menyediakan fitur sub class dalam suatu kelas. Adapun fitur ini dapat diperoleh dengan masuk kedalam kelas yang akan di berikan sub kelas. Kemudian didalam kelas itu, klik tambah kelas. Maka akan muncul sub klas atau kelas kecil dibawah menu kelas besar.


Kemudian cara agar siswa dapat bergabung dan masuk kedalam kelas yang telah dibuat oleh guru. Maka guru harus meminta siswa bergabung kedalam grub menggunakan kode undangan.

Ketika semua siswa telah masuk dan tergabung kedalam grub kelas edmodo maka guru dapat mengunci grub agar tidak ada orang lain yang masuk kedalam ggrub kelas. Adapun fitur kunci grub terletak pada halaman dalam kelas, tepatnya pada sisi kanan atas. Untuk mengubah kode menjadi terkunci. Guru harus meng klik atau menekan tombol panah kecil ke bawah yang terletak pada sebelah kanan. Dan memilih mengunci. Maka grub akan terkunci dan tidak ada lagi yang bisa bergabung dengan grub kelas tersebut.
Setelah kelas selesai di buat dan seluruh siswa telah masuk kedalam kelas, maka guru dapat menjalankan proses pengajaran sesuai yang di rencanakan, namun dengan media online. Juga guru dapat memulai memberikan tugas, kuis, maupun polling terhadap kelas yang di kelolanya. Sehingga pembelajaran tersebut menjadi efektif dan efisien dan jug amenambah pengalaman siswa terhadap perkembangan Teknologi, Informasi dan Tomunikasi.

















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Edmodo adalah perusahaan teknologi pendidikan yang menawarkan alat komunikasi, kolaborasi, dan pembinaan untuk guru dan sekolah. Jaringan Edmodo memungkinkan guru untuk berbagi konten, mendistribusikan kuis, tugas, dan mengelola komunikasi dengan siswa, kolega, dan orang tua.
Edmodo akan memudahkan guru mengelola kelas, karena lebih efektif dan efisien.
B.     Saran
Sebagai seorang pendidik atau calon pendidik sebaiknya memahami perkembangan teknologi yang berkenaan tentang pendidikan. agar terjadi variasi dalam belajar mengajar. Serta menambah keterampilan dalam menggunakan media yang baru.
















DAFTAR PUSTAKA

“Edmodo.” Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Edmodo, 18 Juli 2017. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Edmodo&oldid=13057889.
“Edmodo.” Wikipedia, 18 November 2017. https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Edmodo&oldid=810956601.
“Mengatasi Edmodo Lupa Password.” Diakses 22 November 2017. http://arrdhymanagement.blogspot.com/2017/10/mengatasi-edmodo-lupa-password.html.



[1] “Edmodo,” Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (https://id.wikipedia.org/wiki/Edmodo, 18 Juli 2017), https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Edmodo&oldid=13057889.
[2] “Edmodo,” Wikipedia, 18 November 2017, https://en.wikipedia.org/w/index.php?title=Edmodo&oldid=810956601.
[3] “Mengatasi Edmodo Lupa Password,” diakses 22 November 2017, http://arrdhymanagement.blogspot.com/2017/10/mengatasi-edmodo-lupa-password.html.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Fitur Hashtag di WhatsApp

Assalamu'allaikum... Apa kabar ni Great Tricker...  yup. kali ini saya akan berbagi trick menggunakan hastag di whatsapp. sebenarnya ini bukan hastag yang sebenarnya. tetapi saya rasa cara kerjanya sama. karena saya sudah mengirim email kepada developer whatsapp namun belum juga di respon, maka saya menggunakan cara saya sendiri. hehe Dari sejarahnya hashtag bermula dari media sosial ternama, yaitu twitter.  Hastag di indonesia memiliki istilah Tagar , yaitu lakuran dari kata tag dan pagar. Tanda tagar adalah tanda pagar (symbol ‘#’ ) yang diletakkan di awal kata atau frasa yang diketikkan pada jejaring sosial. Ini adalah bentuk metadata tag. Pesan singkat di microblogging layanan jejaring sosial seperti Twitter, Tout, identi.ca, Tumblr, Instagram, Flickr, Google + atau Facebook dapat ditandai dengan menempatkan "#" sebelum kata-kata penting, Tagar menyediakan cara untuk mengelompokkan pesan tersebut, karena orang dapat mencari tagar dan mendap

MARCONI UNION WEIGHTLESS – LAGU YANG BIKIN KAMU RILEKS

MARCONI UNION WEIGHTLESS – LAGU YANG BIKIN KAMU RILEKS Terapi suara telah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk membuat orang merasa rileks. Musik sebagai wujud budaya juga digunakan sebagai terapi penyembuh sejak lama. Musik tidak hanya merangsang bagian otak yang berkaitan dengan suara. Musik mampu menembus bagian otak yang lebih dalam termasuk yang berhubungan dengan emosi. Demikian halnya dengan lagu. Salah satu bentuk kesenian tersebut dianggap ringan dan ideal untuk menimbulkan suasana santai. Karena hal inilah lagu kerap dijadikan media relaksasi.  Sebagai contoh, ketika kita mendengarkan music slow yang dimainkan oleh teman kita saji kita sudah merasa nyaman. Ditambah lagi jika yang memainkan adalah orang teristimewa bagi kita. Waahh. Mengapa harus lagu Weightless? Diantara sekian banyak lagu yang menimbulkan efek rileks, lagu Weightless dianggap sebagai lagu paling santai. Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan penelitian Mindlab International. Studi tentang

MENGUAP JANGAN SAMBIL KEPALA NUNDUK.

Assalamuallaikum.. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai menguap. Menguap disini bukan berarti menguap dalam hal perubahan wujud suatu zat. ya.. menguap dini maksudnya ialah menghirup dan mengeluarkan angin dari mulut dikarenakan mengantuk atau faktor kurang oksigen di otak.  Biasanya karena terlampau rasa mengantuk maka rasanya begitu nikmat ketika menguap itu... tapi hati hati ya kawan ketika menguap tentu kita harus menggunakan etika. dalam islam pun di bahas bahwasanya menguap itu ada etikanya. Untuk saat ini kita ambil dari pengalaman saya pribadi.  K etika menguap jangan sekali kali sambil menundukan kepala. kenapa? K arena ketika kita menundukan kepala, tenggorokan (saluran pernafasan di bagian leher) akan terjadi penciutan rongga. bersamaan dengan itu menguap membutuhkan rongga yang longgar dan lancar. saat itu saya menguap dalam keadaan Menunduk.  dan apa yang terjadi??? tentu saja. tenggorokannya KECETIT (cari tau sendiri apa arti