Skip to main content

ASBAB NUZUL ALQURAN


A.    Pengertian Asbab an-Nuzul
Asbab an-nuzul secara etimologi adalah sebab- sebab yang mengakibatkan turunnya Al-Quran. Secara terminologi, asbab an-nuzul adalah peristiwa yang melatarbelakangi turunnya ayat atau surat pada waktu proses penurunan Al-Quran.
            Kata “pada waktu proses penurunan Al-Quran” (ayyama wuqu’ihi) menjadi syarat mutlak dalam menjelaskan asbab an-nuzul. Kata ini pula yang membedakan antara asbab an-nuzul dengan berita atau peristiwa masa lalu. Pasukan bergajah sama sekali tidak termasuk dalam sebab nuzul surat Al-Fil, tapi ia adalah berita tentang peristiwa masa lalu.
B.     Redaksi asbab an-nuzul
1.      Redaksi yang jelas (sharih) menunjukan sebab nuzul:
a.       Diungkapkan dengan bahasa sebab. Seperti : sababu nuzuli al-ayah kadza (sebab turunnya ayat ini adalah...)
b.      Diungkapkan dengan fa’ jawab setelah menerangkan peristiwa terkait dengan penurunan ayat.
c.       Jawaban Rasul Saw atas sebuah pernyataan yang diajukan kepada beliau.
2.      Redaksi yang tidak jelas menunjukan makna sebab nuzul (ghair sharih), tidak menggunakan bahasa sebab, tidak mengggunakan fa’ jawab dan tidak dalam konteks jawaban Rasul atas sebuah pertanyaan yang diajukan kepadanya.
apabila ada dua riwayat terkait dengan sebab asbab nuzul ayat atau beberapa ayat, yang satu menggunakan redaksi yang jelas (sharih) tapi yang kedua menggunakan redaksi tidak jelas (gharir sharih), maka yang di ambil sebagai sebab nuzul adalah riwayat yang beredaksi jelas. Dan apabila terdapat riwayat yang beredaksi tidak jelas (gharir sharih), dan semua riwayat itu tidak bertentangan dengan kandungan ayat yang sedang di ceritakan serta tidak ada qarinah yang menunjukan bahwa salah satu diantara riwayat tersebut mengandung kemungkinan makna sebab nuzul, maka semua riwayat itu boleh dipakai sebagai penjelas.

C.     Macam-macam Asbab an-Nuzul
1.      Dari segi latarbelakangnya ada dua yaitu: pertama, ada suatu kejadian, lalu turunlah ayat yang menjelaskan kejadian tersebut; kedua, ada yang bertanya kepada Nabi Saw.
2.      Dari segi jumlah penyebab dan ayat yang diturunkan.
3.      Ayatnya banyak, sedangkan sebab turunya hanya satu, maka dapat digunakan untuk semua ayat tersebut.
D.    Kaidah-kaidah Terkait Asbab an-Nuzul
Wacana penting terkait dengan pembahasan asban nuzul adalah mengenai kekhususan sebab dan keumumman redaksi (lafazh) ayat. Kadangkala ayat yang bersifat khusus sesuai dengan konteks (sebab) yang melatarinya dan redaksi yang digunakan pun bersifat khusus, disisi lain ada juga ayat yang diturunkan karena kejadian yang sangat khusus dan spesifik tapi redaksi ayatnya bersifat umum.
Ada dua hal yang perlu dijelaskan  terkait dengan kaidah kaidah ini: pertama, sebabnya bersifat khusus dan ayat yang diturunkan juga beredaksi khusus; kedua, sebabnya bersifat khusus tapi ayat yang diturunkan beredaksi umum.
Kaidah keumuman redaksi ini menjadi hal yang niscaya dalam kehidupan manusia.
E.     Manfaat Asbab an-Nuzul
1.      Membantu memahami ayat dan dapat menghilangkan kekeliruan pemahaman seorang mufassir.
2.      Mengetahui hikmah dibalik pensyariatan sebuah hukum: membatalkan kebiasaan buruk dan akhlak jelek yang mendominasi masyarakat jahiliyah, menghilangkan keraguan seseorang memahami ayat hanya dari sisi zhahir semata.
F.      Karya-karya tentang Asbab Nuzul
Menurut Nuruddin, orang yang membuat buku tentang asbab nuzul adalah gurunya Imam Bukhari, Imam bin Abdullah al-Madini.
1.      Kitab asbab an-Nuzul karya Ab al-Husain Ali bin Ahmad an-Naisaburi, yang masyur dengan sebutan al-wahidi
Kitab lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul karya Jalaludin Abdurrahman as-syuthi.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menggunakan Fitur Hashtag di WhatsApp

Assalamu'allaikum... Apa kabar ni Great Tricker...  yup. kali ini saya akan berbagi trick menggunakan hastag di whatsapp. sebenarnya ini bukan hastag yang sebenarnya. tetapi saya rasa cara kerjanya sama. karena saya sudah mengirim email kepada developer whatsapp namun belum juga di respon, maka saya menggunakan cara saya sendiri. hehe Dari sejarahnya hashtag bermula dari media sosial ternama, yaitu twitter.  Hastag di indonesia memiliki istilah Tagar , yaitu lakuran dari kata tag dan pagar. Tanda tagar adalah tanda pagar (symbol ‘#’ ) yang diletakkan di awal kata atau frasa yang diketikkan pada jejaring sosial. Ini adalah bentuk metadata tag. Pesan singkat di microblogging layanan jejaring sosial seperti Twitter, Tout, identi.ca, Tumblr, Instagram, Flickr, Google + atau Facebook dapat ditandai dengan menempatkan "#" sebelum kata-kata penting, Tagar menyediakan cara untuk mengelompokkan pesan tersebut, karena orang dapat mencari tagar dan mendap

MARCONI UNION WEIGHTLESS – LAGU YANG BIKIN KAMU RILEKS

MARCONI UNION WEIGHTLESS – LAGU YANG BIKIN KAMU RILEKS Terapi suara telah digunakan sejak ribuan tahun lalu untuk membuat orang merasa rileks. Musik sebagai wujud budaya juga digunakan sebagai terapi penyembuh sejak lama. Musik tidak hanya merangsang bagian otak yang berkaitan dengan suara. Musik mampu menembus bagian otak yang lebih dalam termasuk yang berhubungan dengan emosi. Demikian halnya dengan lagu. Salah satu bentuk kesenian tersebut dianggap ringan dan ideal untuk menimbulkan suasana santai. Karena hal inilah lagu kerap dijadikan media relaksasi.  Sebagai contoh, ketika kita mendengarkan music slow yang dimainkan oleh teman kita saji kita sudah merasa nyaman. Ditambah lagi jika yang memainkan adalah orang teristimewa bagi kita. Waahh. Mengapa harus lagu Weightless? Diantara sekian banyak lagu yang menimbulkan efek rileks, lagu Weightless dianggap sebagai lagu paling santai. Kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan penelitian Mindlab International. Studi tentang

MENGUAP JANGAN SAMBIL KEPALA NUNDUK.

Assalamuallaikum.. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas mengenai menguap. Menguap disini bukan berarti menguap dalam hal perubahan wujud suatu zat. ya.. menguap dini maksudnya ialah menghirup dan mengeluarkan angin dari mulut dikarenakan mengantuk atau faktor kurang oksigen di otak.  Biasanya karena terlampau rasa mengantuk maka rasanya begitu nikmat ketika menguap itu... tapi hati hati ya kawan ketika menguap tentu kita harus menggunakan etika. dalam islam pun di bahas bahwasanya menguap itu ada etikanya. Untuk saat ini kita ambil dari pengalaman saya pribadi.  K etika menguap jangan sekali kali sambil menundukan kepala. kenapa? K arena ketika kita menundukan kepala, tenggorokan (saluran pernafasan di bagian leher) akan terjadi penciutan rongga. bersamaan dengan itu menguap membutuhkan rongga yang longgar dan lancar. saat itu saya menguap dalam keadaan Menunduk.  dan apa yang terjadi??? tentu saja. tenggorokannya KECETIT (cari tau sendiri apa arti